CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

09 Desember 2008

Tentang Teman... 2

Dia ingin aku berubah…

Kalian pasti pernah mengalaminya. Teman kalian ingin kalian berubah. Merubah sifat atau sikap kalian yang menurut mereka kurang baik atau tiak pantas. Okelah kalo yang mereka bilang masuk aka. Tapi, bergantung tuntutannya, seperti kalo kita orangnya pemarah dan teman kita minta supaya kita lebih sabar. Bolehlah. Malah bagus kan.

Tapi, kamu nggak perlu harus merubah total Cuma demi teman. Kamu harus bisa mengatur sikapmu saja dimana kamu bergaul. Bagaimanapun juga kita tetap harus bisa menjadi diri sendiri dan nggak perlu merubah hanya karena orang lain, karena itu nggak bakalan kekal.

Kalau kamu memang ingin berubah, maka berubahlah karena dirimu sendiri bukan karena orang lain. Ingat lho, teman yang baik adalah mereka yang mau menerima segala kelebihan dan kekurangan kita dengan kata lain menerima apa adanya.


Musuh jadi teman? Gimana?

Dulu jalan bareng, kemana-mana bersama. Tapi, karena terjadi suatu peristiwa. Kalian jadi bertengkar dan musuhan. Setelah itu, kalian saling minta maaf dan ingin jadi teman seperti dulu lagi. Tapi, hatimu bilang, tidak bisa! Eits! Jangan nyerah dulu donk! Memang kalian sekarang nggak kayak dulu. tapi, nggak mustahil kok hubungan kalian jadi bisa kayak dulu lagi.

Kalo musuhan terus balikan lagi itu artinya kita restart ulang relasi kita. Mulai lagi dari awal karena persahabatan dulu sudah hancur. Selama masih ingin memperbaiki, belajarlah dari kesalahan-kesalahan masa lalu. Tidak hanya itu aja, bergantung situasi gimana kalian berdua memperbaikinya. Dan apakah kalian sudah memaafkan seluruhnya atau tidak. Tunjukkan bahwa kamu tidak punya niat jahat dan masih ingin berteman. Terus kesalahan-kesalahan yang dulu jangan pernah diungkit-ungkit lagi. Dan seperti nggak terjadi apap-apa. Ingat, kalo teman kamu api, maka kamu harus jadi airnya.

Biar gampang baikan. Ya, saling menjaga perasaan satu sama lain aja. Kalaupun musuhan nggak bisa dihindari, ingatlah satu hal : PERSAHABATAN YANG SUDAH KALIAN JALIN SELAMA INI apakah bisa pudar dengan begitu mudahnya? Cuma gara-gara musuhan?


Keluarga kamu nggak suka kamu berteman dengan temanmu

Kalian pasti pernah dikomentari oleh orang tua tentang teman kamu. Conthnya, “Kok, teman kamu kayak gitu sih?” atau yang lain, pokonya terasa kalo ortu kamu nggak suka kalo kamu temenan sama dia. Mungkin ortumu kurang sreg sama temanmu itu, karena sifat atau masa lalu. Sebetulnya wajar kalo keluargamu bersikap depensif, maksudnya sebetulnya mereka baik kok. Mereka kawatir kalo temen kamu akan membawa pengaruh buruk untuk dirimu.

Cobalah untuk menjelaskan kepada orang tuamu mengenai siapa temanmu itu. katakana dengan tenang dan tanpa emosi. Coba tanyakan juga alas an orang tuamu tidak menyukainya. Ketika kamu ngobrol tentang keseharian kamu disekolah dengan orang tuamu, coba sisipkan kelebihan dari temanmu., “Eh, papa mamam tau nggak kalo Tisya itu juara 3 di kelas, loh! Guru-guru juga bangga dengan prestasinya, jadi walaupun gayanya agak uakan tapi sebetulnya dia itu pinter banget.”

Semoga saja dengan ini pandangan orang tuamu pada temanmu itu bisa berubah positif.

1 komentar:

Aoi-chan mengatakan...

Ai-san, aku punya blog satu lagi... Tapi, yah... Buat sekolah sih... Namanya www.michi9d38.blogspot.com